Rumah Mungil nan ber-Estetika part 3

SIMPLE, MODERN & MINIMALIS

RUMAH TIPE 36 (Anisza Ratnasari, ST)


Konsep dasar rumah yang modern & minimalis ditampilkan melalui desain yang simple serta pemakaian material yang ’ringan’.  Meskipun luas bangunan hanya 36m2 di atas kavling 6 x 15 m, dengan penataan ruang yang optimal mampu mengakomodir kebutuhan ruang bagi keluarga kecil. Yaiutu : 2 ruang tidar, ruang utama, ruang makan & kamar mandi.

CHIC DENGAN AKSEN MERAH

RUMAH TIPE 42 (Anisza Ratnasari, ST)

Lahan sempit tidak menjadi masalah bagi para arsitek untuk berkreasi. Terbukti dari  rumah mungil seluas 42m2 yang berdiri diatas kavling 7 x 15 m, perancang bisa mengkombinasikankan antara material, warna dan desain dengan apik. Kombinasi garis-garis horizontal tegas yang tercipta dari tatanan batu susun sirih sangat match dkombinasikan dengan aplikasi beton dengan finishing cat tembok merah menyala.

Dibagian lain, fasad dihasilkan dari finishing semen kasar dengan pola horizontal juga. Sebagai pembatas dengan kavling milik tetangga, disebelah kiri bangunan yang sedianya berupa dinding tembok setinggi ½ m, berdiri sebuah ’pembatas’ berbentuk letter T dengan warna dan matreial yang dikombinasikan dengan rumah disekitarnya.

ATAP MIRING DENGAN WARNA EYE CATCHING

RUMAH TIPE 45 (Anisza Ratnasari, ST)

Keistimewaan dari bangunan ini adalah selain warnanya yang ngejreng juga dari tampilan atap miring yang merupakan adaptasi dari iklim tropis di wilayah sekitar kita.

Style minimalis juga kental terlihat dari penggunaan material  dan ornamen serta penerapannya pada kanopi .  Dengan penataan rumah yang optimal, keberadaan  2 kamar tidur dan 1 kamar mandi masih menisakan ruang tengah yang lapang dan multi guna, yaitu sebagai ruang tamu , ruang duduk, ruang makan dan dapur.

Pintu utama terletak dibagian depan bangunan yang dipertegas dengan pemakaian kanopi dengan warna yang eye catching pula, sedangkan akses yang lain mghubungkannya langsung dengan dapur.

ENTRANCE yang TERSEMBUNYI

RUMAH TIPE 54 (Anisza Ratnasari, ST)

Didominasi dengan warna peace serta warna-warna kayu dan batu alam menjadikan rumah berluas total 56 m2 yang berdiri di atas kavling 8 x 15 m ini terkesan hangat dan cozy.

Keistimewaan dari rumah ini selain adanya innercourt seluas 3 m2 yang menghubungkan antara dapur dan ruang makan adalah menempatan pintu utama yang tersembunyi.

Namun demikian, hal tersebut tidak menjadi masalah karena teras berlubang-lubang yang berfungsi ganda, yaitu sebagai ‘petunjuk arah’ serta sun screen bagi bukaan dibelakangnya mempertegas penempatan entrance tersebut.

BINGKAI MERAH

Rumah dengan 2 lantai ini memiliki kolom penyangga hingga batas railing dilantai 2. Warnai merah cerah tampak mendominasi bagian fasade rumah, sehingga sekali lihat, orang akan bisa melihat bahwa disanalah letak pintu utamanya.

BERMAIN WARNA

RUMAH HOOK


Memainkan warna adalah adalah salah satu langkah tepat untuk mengekspos fasade. Untuk rumah hook yang memiliki 2 fasade warna-warna terang dan cerah bermanfaat untuk mempertegas fasade mana yang lebih dominan. Dipadu dengan warna laim, yaitu coklat muda dengan dinding bergaris menarik pandangan siapapun yang melihatnya.

4 thoughts on “Rumah Mungil nan ber-Estetika part 3

  1. kren neh konsep rumah ATAP MIRING, sekalian denah, tampak samping, belakang ada gak, penegen buat rumah kya gitu mantap… kalau ada gambar lengkap kirimkeemail saya,seberuangdayak@yahoo.co.id , trim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s