All About bamboo part 1

Terima Kasih buat komunitas cinta bambu yang mau membagi ilmu dan link-link downloadnya,^^

Bambu Untuk Kemanusiaan

Petunjuk ini dikembangkan sebagai suatu proyek TANPA LAMBANG (NO LOGO), dengan bantuan dari Oxfam Great Britain’s PRIME project di Jogjakarta, Indonesia. Proyek ini dipimpin oleh Dave Hodgkin dari Benchmark Consulting. Kontribusi dan bantuan telah diterima dari para ahli bambu dan para ahli penanggulangan bencana alam, baik di Indonesia dan India, dan para peserta perlindungan secara global.
  • Konsep pertama dari manual ini mempersembahkan suatu dokumen rancangan umum dengan uraian singkat tentang potensi setiap bagian bambu.
  • Konsep kedua mempersembahkan dokumen awal secara meyeluruh tentang verifikasi teknis dari para penasehat ahli dan untuk penggunaan di lapangan.
  • Konsep ketiga berisi tentang rekomendasi lanjutan yang tersedia dalam versi bahasa Inggris dan Indonesia.

Attachment: Penggunaan Bambu untuk Kemanusiaan di Indonesia.doc

Manfaat Tanaman Bambu

Bambu Untuk Reboisasi Hutan Secara Berkelanjutan dan Alat Pengelolaan Daerah Tangkapan Air

Fungsi EBF dan beberapa manfaat utama tanaman bambu: “Misi EBF adalah memperkenalkan bambu sebagai bahan bangunan dimasa depan, sebab dalam 3 tahun, sepertiga rumpun bisa dipanen dan memiliki sifat setengah tanaman keras. Dalam beberapa minggu, tunas baru akan tumbuh tanpa penanaman ulang, dan tidak mengakibatkan tanah longsor atau hilangnya penyerapan carbon.

EBF mendapat laporan dari banyak negara bahwa debit air meningkat setelah beberapa tahun ditanami bambu dan dalam beberapa kasus muncul mata air baru – tidak mengherankan mengingat bambu adalah tanaman C3 dan efektif dalam konservasi air.

Attachment: EBPP Sustenance Newsletter, June 2006 Indo ver.doc

Pengawetan Bambu

  • Pengawetan bambu dengan menggunakan pestisida nabati lebih ramah lingkungan dan lebih murah karena sifatnya yang biodegedable oleh alam sehingga tidak menjadi ancaman bagi manusia dan lingkungan.
  • Tingkat racun gabungan ekstrak biji mimba dan filtrat gadung akan semakin kuat dan lengkap hal ini dibuktikan dari fungsi masing-masing zat yag dikandung dalam mimba ,Salanin berperan sebagai penurun nafsu makan, melantriol sebagai penghalang (repellent), sehingga serangga enggan mendekat, sedangkan Nimbin berperan sebagai anti mikro organisme, seperti anti virus dan bakterisida, sedangkan gadung memiliki racun sianida (HCN) dan aseton yang memiliki daya kerja racun yang lebih cepat. Racun kedua senyawa tersebut tidak akan saling menetralkan justru semakin bersinergi.

Attachment: Pengawetan Bambu.doc

Pengawetan Bambu Metode VSD

Pengawetan bambu dengan metode VSD merupakan langkah maju dan modifikasi dari sistem boucherie (sistem tekanan yang diperkenalkan oleh Prof. Dr. Liese) yang cocok untuk perkebunan bambu skala besar untuk keperluan konstruksi, perabot rumah tangga dan kerajinan tangan. Sistim VSD cocok bagi daerah yang tidak memiliki perkebunan bambu.

Attachment: VSDManual10vs2IND.pdf

Pengawetan Bambu Ramah Lingkungan

Pemanfaatan campuran ekstrak biji mimba dan ekstrak umbi gadung sebagai pestisida alami untuk pengawetan bambu yang ramah lingkungan.

Attachment: Pengawetan Ramah Lingkungan.pdf

Bambu sebagai Material Konstruksi

Pengetahuan dasar yang diperlukan dalam pemanfaatan bambu sebagai material konstruksi. INBAR Technical Report No. 16.

Attachment: Bamboo in Construction – An Introduction.pdf

Modern Bamboo Structures

Proceeding of first international conference on modern bamboo strucyures (ICBS-2007), Changsha, China, 28 – 30 October 2007.

Editor
Yan Xiao, Masafumi Inoue, Shyam K. Paudel

Attachment: Modern bamboo architecture.pdf

Bamboo the Amazing Grass

This book introduces the bamboos of Southeast Asia, a region well known for its incredible range of bamboo utilization and diversity. The author, a bamboo specialist in Malaysia, discusses the salient aspects of bamboo structure, biology and conservation and provides brief perspectives into the sometimes difficult tasks of bamboo classification and identification.

Attachment: Bamboo amazing grass.pdf

Keanekaragaman Bambu di Sumedang

Studi taksonomi terhadap jenis-jenis bambu di Kabupaten Sumedang telah dilakukan berdasarkan pengamatan karakter Morfologi dan Anatomi Epidermis buluh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang meliputi eksplorasi, koleksi, preparasi, serta pengamatan morfologi dan anatomi epidermis buluh.

Attachment: Keanekaragaman Bambu Jabar.pdf

Bamboo at the Institut of Structural Design

RWTH Aachen University

Attachment: 3 Structural Design.pdf

Training Manual of Bamboo Charcoal for Producers and Consumers

Bamboo charcoal, outcome of pyrolyzing bamboo, is a sort of porous material with excellent adsorption, electromagnetic shielding, and infrared emitting capacity. Not only bamboo but also bamboo processing residues such as particle, sawdust, thread left in processing etc. can manufacture bamboo charcoal, which is named as bamboo briquette charcoal.

Presented in the manual were the structure of a brick kiln and the process popular in bamboo charcoal production, the structure of mechanical furnace and bamboo briquette charcoal production process including how to make bamboo sticks with residues.

The quality index weighs bamboo charcoal good or bad, so in this manual listed are the definition and significance of main quality index such as density, fixed carbon content, ash and volatile matter content, specific surface area, etc.

JIANG Shenxue
Bamboo Engineering Research Center
Nanjing Forestry University
May, 2004

Attachment: Bamboo Charcoal Training Manual.pdf

Membuat Kertas dengan Bahan Bambu

Esai foto ini menunjukkan metode membuat kertas dari bambu oleh masyarakat Lanten Yao in Laos utara. Dan membahas peran kertas bambu dalam upacara keagamaan. Kertas bambu tersebut cenderung memiliki beberapa kegunaan dalam masyarakat Lanten. Penggunaan kertas dari bambu saat ini terbatas pada kegiatan keagamaan, karena tidak dapat diganti dengan bahan lainnya.

Attachment: Bamboo Paper Production.pdf

Penelitian Sifat Material Bambu dan Perspektif Pasar

Proyek penelitian berbagai aspek tentang bambu di perdagangan, kehutanan, dan terutama sifat bahan, sebagai sumber daya terbarukan dan keberlanjutan. Laporan komprehensif ini ditulis untuk tesis akhir ‘International Timbertrade’ di Universitas Larenstein, Belanda.

Mei, 2010
Valentijn de Vos

Attachment: Bamboo for exterior joinery.pdf

Metode Sambungan pada Bambu

Banyak keuntungan jika menggunakan bambu sebagai bahan/material konstruksi untuk membuat rumah, bangunan besar dan jembatan. Murah dan sangat baik karena sesuai dengan sifat mekaniknya. Disisi lain, cukup sulit dalam men-desain sambungan dalam konstruksi struktur bambu.

Berikut adalah beberapa alasan:

  • Bambu punya profil bulat. Membuat koneksi dengan profil bulat mengarah ke struktur simpul geometrik.
  • Serat bambu hanya tumbuh ke arah longitudinal.
  • Bambu berlubang ditengahnya. Tidak ada material yang menguatkan bambu di tengah rongga ruas.
  • Permukaan batang bambu sangat licin dan keras.
  • Bambu ini tidak cocok untuk beban ke arah melintang, karena tidak ada serat silang.
  • Bambu merupakan bahan alami, yang bervariasi dalam diameter, panjang dan kualitas. Karena sangat tergantung pada iklim dan lingkungan tempat tanaman bambu tumbuh.

Laporan ini mencoba untuk menunjukkan, bagaimana masalah sambungan untuk struktur bambu yang bisa diselesaikan dengan berbagai atau beberapa contoh jenis koneksi.

Attachment: Bamboo Connections.pdf

Bambu sebagai Bahan Bangunan

Habitat tumbuhnya di daerah tropis, khususnya, Selatan-Timur Asia. Bisa hidup baik pada tanah mulai setinggi permukaan air pantai hingga 3800 meter diatas muka laut.

Sebagian besar spesies bambu tumbuh pada suhu dari – 28 ° C hingga +50 ° C. Bambu tumbuh terutama pada lempung berpasir hingga tanah liat yang lunak. Mereka lebih memilih tanah berdrainase baik, walaupun tumbuh juga di lokasi basah dan bahkan berawa. Tetapi tidak bisa hidup pada tanah yang mengandung garam.

Attachment: Bamboo as a building material.pdf

Industrial Utilization on Bamboo

Kompilasi buah pikiran para pakar Cina yang telah mendorong pengembangan teknologi yang digunakan dalam industrialisasi pengolahan bambu; oleh International Network on Bamboo and Rattan, 2001

Attachment: Industrial Utilization on Bamboo.pdf

Acuan Rancang Bangun Scaffolding berbahan Bambu

Acuan rancang dan bangun scaffolding berbahan bambu yang berlaku di Hongkong.

Attachment: Guidelines on the design and construction of bamboo saffolds.pdf

Potensi Bambu

  • Bambu banyak tumbuh di Indonesia dan digunaan dalam bangunan tetapi belum dilihat sejauh mana efektifitasnya dalam menyerap CO2. Bambu dikenal sebagai pelindung terhadap angin, terhadap gempa (penguat tanah)
  • Bambu yang sifatnya cepat tumbuh sudah dikenal lama dan digunakan untuk alat-alat sederhana, untuk meningkatkan fungsi bambu perlu mengembangkan teknologi untuk dapat meningkatkan nilai bambu
  • Perlu dikembangkan disain rumah bambu dengan performance rumah tembok

Purwito, Dipl.E.Eng.

Attachment: Notulensi – SZK.doc

Tempat Penyimpanan Air Konstruksi Bambu Semen

Bambu selain dipakai untuk bahan bangunan dapat juga dipakai sebagai bak penampung air dengan istilah Bambu Semen. Konstruksi tulangnya dibuat dari bambu serta dilapisi oleh adukan mortar semen dan pasir.

Attachment: Bak Penampungan Air Bambu Semen.pdf

Standardisasi Bambu Laminasi Sebagai Alternatif Pengganti Kayu Konstruksi

Teknologi bambu laminasi pada awalnya didasari oleh pemikiran dari balok glulam
(glue laminated beam). Balok glulam dibuat dari lapisan-lapisan kayu yang relatif tipis
yang dapat digabungkan dan direkatkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan
balok kayu dalam berbagai ukuran dan panjang.

Attachment: STANDARDISASI BAMBU LAMINASI SEBAGAI ALTERNATIF.pdf

Bambu Komposit Untuk Aceh

Bambu komposit adalah konstruksi dinding yang memakai bambu yang dikombinasikan dengan bahan cement based (bambu plaster, bambu pracetak)

Attachment: BamBU PLAster untuk Aceh.pdf

Bamboo is Use Extensively in The Handicraft Industry

A floating restaurant with kubos and bamboo walkways

Attachment: Eastin_NTFP_5_30_07.ppt

4 thoughts on “All About bamboo part 1

  1. halo mas.Salam kenal.
    Saya boleh nanya ya.Setelah kita set seluruh posisi objek pada proper animation ini,terus kok gak bisa kita export jadi file video?Mohon pencerahannya.Terima kasih mas.

    • salam kenal juga mas soby,,
      mungkin mas soby mengira dengan melakukan perintah :
      Menu –> file –> export –> animation-the „maka script ini akan menghasilkan animasi,,sayangnya ruby script gratisan ini tidak mendukung untuk meng eksport objek yg tadinya kita buat animasi,T-T. kita harus menggunakan software third party rendering solutions yang mendukung exporting rendered animated objects misalnya dari Sketchup ke SU2KT, Twilight Render , dan render engine pada umumnya, atau alternatif lainnya adalah, kita hide axes atau sumbu x,y,z nya lalu pake software screen capture utility ketika kita memainkan animasinya. jadi main akal2an kita aja..^^v
      petunjuk ini saya dapat dari tutorial pdf nya..pdf nya ada di satu paket ketika kita download proper animation..
      demikian info yg bisa saya berikan, semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s