Trik Menyiasati Keterbatasan Ruang di Apartemen

KOMPAS.com – Memilih tinggal di apartemen, menjadi pilihan masyarakat perkotaan. Alasannya lebih praktis, pribadi, dan modern. Namun, tinggal di apartemen kerap kali terbentur permasalahan keterbatasan ruang-ruang di dalamnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa saran yang bisa Anda praktekkan.

1. Pilihlah Furnitur Sederhana Sebaiknya Anda memilih furnitur sederhana untuk alasan kenyamanan. Furnitur berukuran besar di ruangan sempit akan memenuhi ruangan, mempersempit gerak, dan berakibat ketidaknyamanan penghuni apartemen. 2. Cerdik Memilih Perabot Pilihlah perabot yang multifungsi seperti sofa yang bisa berperan sebagai tempat duduk dan tempat tidur. Atau rak yang dapat difungsikan sebagai penyekat antar ruang sembari dimanfaatkan untuk meletakkan buku-buku, majalah, koleksi pribadi, dan lainnya.

Perabot yang lain misalnya boks penyimpanan benda yang jarang digunakan dengan di atas boks bisa dimanfaatkan untuk penempatan barang lainnya. Perabot multifungsi dapat dimanfaatkan maksimal untuk menghemat ruang.

3. Gunakan Warna Netral Untuk memberi efek ruangan luas, pakailah warna netral seperti krem dan putih. Sementara warna cerah bisa Anda gunakan untuk perabotan atau bagian terntentu saja. Hindari pemakaian warna gelap karena akan mempersempit ruangan.

4. Bermain Pencahayaan Selain pemakaian warna, unsur pencahayaan juga penting. Atur pencahayaan yang terang karena akan membawa suasana menjadi luas dan bebas.

5. Manfaatkan Cermin Cermin dapat membantu memberi kesan memperluas ruangan. Penempatannya bisa diletakkan di ruang utama, ruang makan, dan ruang tidur.

(Dari berbagai sumber/ Natalia Ririh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s