Tips Bersiap Sebelum Mudik

Mudik memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Namun kadangkala persiapan yang terburu-buru membuat acara mudik menjadi tidak berjalan lancar. Berikut beberapa tips mempersiapkan mudik :

01. PERKIRAKAN DAN SIAPKAN DANA PERJALANAN
Dana perjalanan secara garis besar meliputi ongkos bahan bakar, tol dan makan. Walaupun kartu kredit dan kartu ATM cukup dapat diandalkan selama perjalanan, sediakan juga uang tunai secukupnya untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga.

02. SIAPKAN CUTI
Hitung secara seksama berapa hari yang dibutuhkan untuk keperluan mudik. Lalu ajukan dan minta persetujuan atasan. Bagi yang telah berkeluarga dan memiliki anak usia sekolah, hendaknya cuti yang diambil disesuaikan dengan jadwal libur anak. Dan apabila acara mudik lebih lama dari libur sekolah, tentu izin pun harus segera diurus.

03. SIAPKAN BEKAL DI MOBIL
Baik perjalanan jauh atau tidak, ada baiknya membawa bekal air minum dan makanan yang praktis, seperti roti dan buah. Untuk berjaga-jaga saat lapar menyerang dalam perjalanan.

04. SIAPKAN KAMERA DAN HP
Sebelum berangkat, pastikan agar baterai kamera dan HP telah terisi penuh agar dapat senantiasa difungsikan kapan saja. Jangan lupa membawa charger.

05. PASTIKAN KEAMANAN RUMAH
Biasanya, rumah akan kosong sementara waktu. Pamit dengan ketua RT dan tetangga yang tidak mudik, serta minta bantuan untuk mengawasi rumah, akan menperkecil kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

06. PASTIKAN KOMPOR DAN ALAT ELEKTRONIK TIDAK DALAM KONDISI MENYALA
Periksa dan pastikan kompor telah dimatikan, dan selang gas aman dari kebocoran. Selain itu, kabel alat-alat elektronik pun hendaknya juga dicabut dari soket listrik untuk mencegah kemungkinan terjadinya arus pendek.

07. SIAPKAN OBAT-OBATAN YANG DIPERLUKAN
Cek kelengkapan kotak P3K di mobil, sediakan juga obat-obatan lainnya, seperti minyak angin, aspirin, dan obat untuk mencegah mabuk perjalanan. Dan bila ada anggota keluarga yang karena alasan kesehatan bergantung pada obat tertentu, pastikan agar obat-obatan pribadinya tidak tertinggal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s