Teknik Disain Parametrik dan Fabrikasi dalam Arsitektur

Dengan ini kami hendak mengundang rekan-rekan sekalian untuk menghadiri presentasi dan diskusi berjudul:

Teknik Disain Parametrik dan Fabrikasi dalam Arsitektur
Objek studi: Instalasi HexaPanels UPH Academic Gallery 2011
Oleh: Dani Hermawan, M.Arch

Pada tanggal 17 September 2011, hari Sabtu Waktu: 15.00 – 16.00 Tempat : MYC universitas pelita harapan

Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Salam, David Hutama

Abstrak Presentasi:

Presentasi ini memberikan paparan tentang perkembangan dan teknik penggunaan instrument digital tingkat lanjut disertai dengan demonstrasi dari penggunaannya dalam proyek kolaborasi antara Jurusan Arsitektur UPH dengan Formo [Formologix Lab dan Formoperation].

Kemajuan teknologi digital sebagai instrumen disain telah memberikan peluang baru bagi disainer atau arsitek menjembatani proses perancangan hingga pembangunan di dunia arsitektur. Dalam proses perancangan, pada mulanya disainer atau arsitek mempergunakan instrumen digital sebagai media dalam wujud model digital untuk merepresentasikan disain (media-pasif). Sejalan dengan kemajuan aplikasi modeling, penggunaan instrumen digital telah melahirkan teknik merancang tingkat lanjut. Salah satu dari teknik tingkat lanjut ini adalah teknik disain parametrik.

Melalui teknik disain parametrik, model digital tidak hanya berhenti sebagai representasi disain saja melainkan menjadi media-aktif yang memungkinkan disainer/arsitek dapat mengontrol, menyimulasi, mengevaluasi dan memodifikasi disain. Pada proses selanjutnya output dari instrumen dan teknik disain parametrik digunakan untuk mengendalikan proses fabrikasi atau produksi bagian-bagian/komponen-kompenen disain selanjutnya dibangun. Proyek Instalasi HexaPanels dipilih menjadi objek yang cukup sederhana untuk mendemonstrasikan penggunaan teknik disain parametrik dan fabrikasi. Di mana akan mengetengahkan tentang strategi, keuntungan dan beberapa kesulitan yang ditemui dalam mengaplikasikan teknik ini selama proses perancangan, fabrikasi hingga konstruksi.

Kata kunci: parametric design, disain parametrik, fabrikasi, fabrication, teknologi digital, digital technology, digital tooling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s