“Ja’ u Timu” (Mengarahlah ke Timur)

UNDANGAN
Selasar Sunaryo Art Space dengan hormat mengundang anda untuk hadir dalam acara pembukaan pameran seni rupa dan arsip A.D. Pirous:
“Ja’ u Timu” (Mengarahlah ke Timur)]
Pembukaan: Minggu, 11 Maret 2012, pukul 15.30 WIB Pameran berlangsung hingga Minggu, 8 April 2012
dikuratori oleh: Aminudin T.H. Siregar
Diskusi/Artist Talk: Sabtu, 17 Maret 2012, pukul 15.00 WIB Bale Handap
Selasar Sunaryo Art Space, bekerja sama dengan Serambi Pirous, dengan bangga mempersembahkan Ja’ u Timu, sebuah pameran yang menampilkan karya-karya  dan arsip A.D. Pirous untuk memperingati 80 tahun usianya. A.D. Pirous (lahir di Meulaboh, 1932) adalah seorang seniman dan cendekiawan yang berada di puncak kematangan dalam berpikir, bersikap dan memberi pengaruh. Kontribusinya tidak berhenti pada pembaharuan seni lukis kaligrafi Islam modern di Indonesia. Pameran ini adalah upaya untuk menegaskan posisinya yang penting dalam dunia seni rupa dan kebudayaan secara lebih luas.


Sampai hari ini, sosok Pirous dan wacana seni lukis kaligrafi memang mustahil dipisahkan. Namun pameran ini justru berupaya untuk menghindari pemaknaan yang parsial terhadap kontribusi dan posisi Pirous sebagai seniman. Pameran Ja’ u Timu melampaui lazimnya sebuah retrospeksi seni rupa. Selain menampilkan karya-karya seni lukis, gambar dan grafis dari masa ke masa, pameran ini menghadirkan rangkaian koleksi arsip, berupa fotografi, hasil rekaman audio, visual maupun catatan-catatan renungan, materi perkuliahan dan kliping media massa. Pameran ini tidak dimaksudkan sebagai upaya pembahasan atas pencapaian-pencapaian artistik Pirous, tapi juga ihwal kontribusinya pada keilmuan dan dunia pendidikan seni rupa.
Ja’ u Timu: 80 Tahun A.D. Pirous ditujukan untuk menghadirkan sosok Pirous seutuhnya di hadapan khalayak, sebagai manusia yang sudah memberi arti pada kemajuan agama, budaya, seni dan pendidikan suatu bangsa. Ungkapan Aceh Ja’ u Timu (“Mengarahlah ke Timur”) yang mendasari konsep pameran ini mengandung falsafah yang mendalam. Pameran ini adalah suatu upaya untuk mengurai makna tentang sebuah visi, etos dan semangat kepada siapa saja untuk berani berkata “ya” kepada hidup; untuk mengarah ke penjuru kehidupan yang lebih baik.
Frasa Ja’ u Timu harus dimaknasi sebagai upaya untuk menggali kembali khazanah Timur, agar tidak senantiasa menoleh Barat sebagai satu-satunya tata nilai yang paling absah dalam memandang masalah sosial, ekonomi, politik dan kebudayaan.  “Barangkali orang perlu ke Barat dahulu untuk memahami Timur,” ungkap Pirous, “atau mungkin juga orang bisa terlebih dahulu menghayati hakikat Timur dan menemukan Barat di dalamnya.” Dalam pernyataan itu, terkandung pertanyaan: Apa dan siapakah Timur dan Barat itu? Bagaimana hakikat pertentangan antar keduanya bisa kita pahami?
Pameran ini dipersembahkan untuk dedikasi A.D. Pirous kepada seni rupa Indonesia, semangat yang ia salurkan ke dunia pendidikan, wawasan serta visi-visinya yang melampaui zaman, dan terutama sumbangsihnya pada kemanusiaan juga kehidupan.
(Aminudin T.H. Siregar, kurator pameran)
Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada laman berikut:
http://selasarsunaryo.com/component/content/article/34-programs-2012/240-ja-u-timu-mengarahlah-ke-timur.html https://www.facebook.com/events/148542088599367/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s